Kamera 3,2 Gigapiksel Petakan Alam Semesta

KOMPAS.com - Para astronom di AS bakal mendapat "mainan" baru yang akan mendampingi mereka dalam usaha menguak misteri alam semesta. Departemen Energi Negeri Paman Sam itu telah persetujuan lanjutan untuk pembuatan sebuah kamera di Teleskop Survei Sinoptik Besar (LSST).

Kelak, kamera LSST tersebut bakal mampu menangkap gambar obyek-obyek di angkasa dengan resolusi sangat tinggi, mencapai 3.200 megapiksel atau 3,2 gigapiksel. 

Sebagaimana dikutip Kompas Tekno dari Geek.com, Selasa (3/2/2015), para astronom bisa memakai kamera bersangkutan untuk mengamati peristiwa-peristiwa semesta seperti supernova dengan detil yang luar biasa kerena resolusi tinggi. 

Bahkan, gambar-gambar tangkapan sang kamera nantinya bisa disusun untuk membuat peta interaktif alam semesta dalam format 3D.

Konstruksi kamera LSST menggunakan sebuah cermin utama yang berukuran sangat besar dengan diameter 8,4 meter. Di tengahnya terdapat cermin terintegrasi selebar 5 meter.  Cermin-cermin ini memfokuskan cahaya ke sensor kamera dengan resolusi gigapiksel tadi.

Meski terdengar menjanjikan, kamera LSST masih belum bisa dibangun karena masih menunggu persetujuan berikutnya dari Departemen Energi. Konstruksi kamera LSST diharapkan sudah akan dimulai pada 2016 dan bisa beroperasi penuh pada 2022.

Related Posts:

0 Response to "Kamera 3,2 Gigapiksel Petakan Alam Semesta"

Posting Komentar